Kamis, 11 Juli 2013

Bolehkan berolahraga di bulan puasa?

Filled under:

olahraga saat berpuasa, tips berolahraga saat puasa, metro-urban.blogspot.com, kesehatan, urbaners, tips dan trik olahraga

Apakah selama puasa, tidak makan dan tidak minum, masih memungkinkan untuk berolahraga? Menurut ahli kedokteran olah raga dr. Mikhael Traianto SpKO, orang berpuasa masih bisa berolahraga asalkan jelas tujuannya. Yang pasti, tujuan olahraga adalah untuk mempertahankan kebugaran, menstabilakn kadar glukosa darah, dan mempertahankan berat badan dan massa otot.

Kapan saat yang tepat untutk berolahraga? 1-2 jam  sebelum berbuka puasa atau setelah berbuka puasa, tetapi sebelum makan besar, atau 2 jam setelah makan besar. Tak dianjurkan pada pagi hari karena setelah itu tidak bisa minum. Bila terpaksa dilakukan pada pagi hari, sebaiknya di ruangan ber-AC agar tidak menguras keringat.



Jenis olahraga yang bisa dilakukan? Yang lebih dianjurkan adalah aerobic. Olah raga yang menggerakkan otot kaki secara terus menerus sehingga stabilitas otot meningkat. Contoh olah raga aerobic adalah, jalan kaki, jalan cepat, bersepeda dan renang.

Bila tujuannya untutk mempertahankan berat badan, olah raga aerobic (bukan senam aerobic) dengan intensitas ringan sangat cocok karena membakar kelebihan kalori dan gula darah. Olahraga dengan beban seperti angkat besi atau barbel tidak dianjurkan.

Sehabis berolahraga, suhu badan naik. Untuk mengembalikan ke keadaan semula perlu minum yang banyak agar tidak terjadi dehidrasi yang bisa membahayakan jiwa karena fungsi organ tubuh dikhawatirkan berhenti. Untuk mengatasi hal tersebut di bulan puasa, berikut tips dari dr. Sadoso Sumosardjuno spKO.

1. Mulailah berolahraga satu minggu setelah berpuasa.
2. Kalau keadaan tidak memungkin kan untuk berolaharaga jangan di paksakan
3. Hindari berolahraga diluar rumah sebelum sahur karena udaranya tidak sehat, masih penuh karbon dioksida
4. Setelah berolahraga jangan langsung tidur malam, tunggulah sampai suhu tubuh kembali normal, yakni sekitar 3 jam
5. Bila melakukan olahraga yang lebih berat seperti badmindon atau tenis, batasi intensitasnya. Kalau biasanya 2-3 set, saat puasa cukup 1 set saja.
6. Olahragawan yang berpuasa jangan memaksakan diri untuk meningkatkan prestasi.
7. Para lansia yang berusia diatas 60 tahun yang masih berpuasa dianjurkan untuk sementara menghentikan kegiatan olahraganya.

semoga tips diatas bisa membantu urbaners tetap sehat dan segar walaupun sedang puasa.


salam urban

1 komentar: