Kamis, 18 Juli 2013

Puasa Bukan Halangan Untuk Jalan-Jalan

Filled under:


puasa bukan halangan untuk berpuasa, traveling, tips traveling, backpacker tips, urbaners, urban people, metro-urban.blogspot.com
Urbaners, pasti semuanya punya hoby jalan-jalan atau traveling kan ? Nah, jika buat Urbaners yang sedang berpuasa pasti agak kesulitan dalam melakukan hoby yang satu ini. Saya akan memberikan sedikit tips buat Urbaners nih. Silahkan disimak ya.

Sejumlah orang terbiasa meluangkan waktu setiap akhir pekan untuk berkelana bersama teman-teman.

Menjelajahi obyek wisata dalam kota untuk menyalurkan hobi fotografi atau sekedar menambah wawasan mengenal kekayaan negeri sendiri. Namun apa yang harus dilakukan jika agenda tersebut bertepatan dengan bulan Ramadhan? Dan Urbaners wajib menjalankan puasa?

Bulan Ramadhan sebaiknya tidak menjadikan penghalang jika urbaners hendak jalan-jalan. Terlebih lagi, energi dan pikiran yang terkuras selama bekerja bisa saja menjadi-jadi setiap hari Alhasil, kegiatan refreshing sangat diperlukan untuk meluapkan kepenatan sehingga mampu mengontrol emaosi dengan lebih baik.



Selektif dan Efektif
Pertimbangan pertama yang perlu dilakukan ketika hendak menghabiskan akhir pecan diluar rumah ketika berpuasa adalah tidak terlalu banyak memilih tujuan wisata. Pada hari biasa, Urbaners boleh saja mengagendakan tiga hingga empat destinasi untuk berwisata. Apabila hal ini tetap ingin diterapkan akan semakin menguras energi Urbaners. Oleh karena itu, dua destinasi merupakan jumlah yang cukup.

Selain jumlah lokasi, pertimbangkan waktu berjalan-jalan. Hindari waktu pagi hari dan mulailah berpergian pada sore hari, sekitar pukul 15.00 WIB sebagian besar orang juga memanfaatkan waktu ngabuburit untuk menikmati udara luar sambil berburu santapan berbuka puasa.

Tidak ada salahnya urbaners mengagendakan acara liburan sembari menigkatkan iman dengan berwisata religi, singgah ke berbagai tempat bernuansa keagamaan. Pastikan jarak antar tujuan yang mudah dijangkau dan dapat diakses dengan berbagai moda tranportasi sehingga tidak perlu menghabiskan waktu perjalan lebih lama.

Bekal
Sebelum berangkat melancong, berikan “bahan bakar” yang cukup bagi tubuh Urbaners dengan menu sahur yang sarat gizi. Jika di perlukan, tambahkan asupan vitamin, tambahan madu serta kurma untuk energy sepanjang hari ketika beraktivitas diluar rumah dalam jangka waktu lama. Lengkapilah bekal dengan air mineral dan camilan seperti biskuit untuk berjaga kalau-kalau terpaksa harus berbuka puasa di perjalanan.

Tak ketinggalan, bawalah serta peralatan ibadah. Jangan sampai momen Ramadhan yang hanya datang setahun sekali ini terabaikan. Bukankah hati akan semakin senang dan tenang saat ibadah puasa dan agenda berlibur berjalan lancar?  

Semoga tips diatas bisa membantu Urbaners sekalian ya..


salam urban





0 komentar:

Posting Komentar