Sabtu, 20 Juli 2013

Jumhur Ingatkan TKI Menabung dan Waspadai Majikan Genit

Filled under:


Jumhur Ingatkan TKI Menabung dan Waspadai Majikan Genit, metro-urban.blogspot.com, indonesia jakarta, urbaners, urban people, jakarta city, berita TKI

Selamat pagiii Urbaners sekalian...selamat ber week end ria ya...

Buat Urbaners yang akan mau menjadi TKI ke luar negeri ataupun yang sudah menjadi TKI di luar negeri, berikut ini ada info yang saya dapatkan dari detik.com.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) Jumhur Hidayat mengingatkan calon tenaga kerja Indonesia (TKI) agar waspada terhadap ulah majikannya. Pesan ini disampaikan Jumhur kepada calon TKI asal Grobogan, Wiwik Sugiati (33).

Wiwik juga dinasihati agar menabung untuk mendirikan usaha setelah pulang dari Hongkong. Dialog Wiwik dengan Jumhur berlangsung di kantor penyalur TKI PT. Maharani Tri Utami Mandiri di Semarang saat sahur bersama dalam rangka safari Ramadan.

"Tadi dibilangin kalau digenitin sama majikan enggak boleh lawan tapi juga jangan mau. Bilang saja kalau di sana maksudnya buat kerja," kata Wiwik, Minggu (21/7/2013).

"Bapaknya tadi juga pesan kalau di sana (Hongkong) baik-baik dan kalau pulang bawa uang buat bikin usaha," imbuh ibu satu anak itu.

Sekitar 100 calon TKI yang berada di PT. Maharani Tri Utama Mandiri rencananya akan dikirim ke dua negara yaitu Hongkong dan Singapura. Mereka dibekali keterampilan kerja dan bahasa Inggris serta Kantonis.

Sementara itu Jumhur mengaku lebih tenang ketika TKI disalurkan ke Taiwan, Hongkong dan Singapura karena masuk di kawasan Asia Pasifik. Menurutnya TKI di negara-negara Asia Pasifik sudah memiliki perlindungan komperhensif sesuai peraturan yang diterapkan.

"Kalau di Asia Pasifik punya perlindungan kerja yang komperhensif. Ada kesetaraan yang memberi kerja dan penerima kerja. Karena itu kasus-kaus banyak terjadi di Timur Tengah lebih besar. Saya tenang kalau mereka memilih ke Taiwan, Hongkong, atau Singapura," tandasnya.

Ia menambahkan, pendapatan TKI saat ini cukup tinggi yaitu Rp 5 juta per bulan karena nilai tukar dollar yang masih tembus nilai Rp 10 ribu. Bahkan akan lebih tinggi lagi jika bekerja di Taiwan.

"Gaji mereka karena dollar nilainya tinggi, sekarangg sekitar Rp 5 juta. Kalau ke Taiwan bisa lebih besar hampir Rp 6 juta. Biasanya kalau dollar Rp 9 ribuan, gajinya sekitar Rp 4,5 juta," tegasnya.

Dengan pendapatan seperti itu, Jumhur berharap jika TKI pulang ke Indonesia bisa mendirikan usaha. Ia pun mengusulkan usaha di bidang pertanian dan perternakan.

"Di samping perdagangan, bisa peternakan sapi atau kambing agar nanti bisa swasembada. Ini sudah jadi cntoh di berbagai tempat," katanya.

Casnati, pengelola PT. Maharani Tri Utami Mandiri mengatakan, nantinya para calon TKI juga akan diberi pembekalan akhir pemberangkatan oleh instansi seperti Badan Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI serta Polisi.

"Pembekalan akhir pemberangkatan, dari instansi termsuk jika ada masalah harus bagaimana, kalau majikan nakal gimana, lapornya ke mana. PT sudah berikan dan dimantapkan pihak instasi," pungkas Casnati.

Di akhir kunjungannya, Jumhur kembali mengimbau kepada calon TKI agar menabung penghasilan mereka dan jangan mau jika digoda oleh majikan mereka.

"Jangan mau kalau digodain, ya," ujar Jumhur sebelum meninggalkan lokasi.

"Yes, sir," jawab para calon TKI.
 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------

semangat ya buat Pahlawan Devisa Indonesia.we love you all :)



salam urban

0 komentar:

Posting Komentar