Jumat, 19 Juli 2013

Mengenal Asal Usul T-shirt

Filled under:


asal usul t-shirt, urban people, metro-urban.blogspot.com, urbaners, t-shirt terbaik, indonesia t-shirt, jakarta t-shirt, tshirt bandung

Selamat malam Urbaners sekalian, masih pada melek kah ? hehehe :D
Pastinya Urbaners sekalian sudah ga asing lagi dengan namanya t-shirt kan? apalagi menggunkannya,pasti semuanya sudah pernah menggunakan t-shirt. Apalagi saat ini banyak t-shirt yang di desain dengan berbagai macam model serta di berikan hiasan gambar yang beragam.

Nah, tahukah Urbaners, jika t-shirt merupakan seragam tentara angkatan laut Amerika Serikat ? Ya, tepatnya kaus lengan pendek itu kerap dipakai selama perang Spanyol-Amerika Serikat pada 1898.


Tak disangka, dari sekedar pakaian dalam US Navy, t-shirt dengan cepat menjelma menjadi produk massal. Maklum t-shirt nyaman di kenakan, terutama ketika cuaca panas karena berbahan tipis, terbuat dari katun yang nyaman dan mudah dibersihkan.

Istilah t-shirt pun mengacu pada bentuk kaut yang menyerupai huruh “t” dari lengan pendek dan kerah bulat diatasnya. Pada 1920, kamus bahasa Amerika-Inggris Meriam-Webste’s Dictionary resmi memasukkan kosakata ini.

Seiring bergilirnya waktu, popularitas t-shirt kian meroket. Salah satu pemicunya karena film Hollywood A Streetcar Named Desire di tahun 1951. Dalam satu adegan, terlihat Marlon Brando, actor ternama Amerika Serikat, mengenakan t-shirt putih polos yang melekat pas ditubuhnya.
Di akhir 1960-an, t-shirt menjadi lambang ekspresi diri dengan bermacam gambar didepannya. T-shirt menjelma menjadi ikon budaya pop di berbagai era. Bahkan, produk ini terpilih sebagai salah satu bnda ikonik dunia untuk dimasukkan dalam kapsul Nickelodeon yang dikuburkan pada 1992. Rencananya tahun 2024 kapsul waktu akan dibuka. Semoga saja popularitas t-shirt saat itu masih Berjaya.

Semoga informasi diatas bisa menambah sedikit pengetahuan Ubrnaers sekalian ya.
salam urban






2 komentar:

  1. Gan terimakasih info jadi tambah ilmu.
    Salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. okay gan...terima kasih sudah berkunjung.

      salam sukses selalu

      Hapus