Rabu, 10 Juli 2013

Bank-bank Tertua di Dunia.

Filled under:

bank-bank tertua di dunia, urbaners, urban people, metro-urban.blogspot.com, bank terbaik, the best bank in the world, indonesia bank

Bank memiliki sejarah panjang. Yang semula hanya melakukan fungsi sederhana seperti menyimpan uang, kini tugasnya menjadi lebih rumit, yakni memenuhi kebutuhan urban people. Di masa kini, bank juga telah menerapkan teknologi modern untuk membantu nasabahnya bertransaksi antar Negara-lintas benua. Di dunia terdapat sejumlah bank yang didirikan sekian abad lalu dan inilah tiga bank yang di anggap tertua.



1. Banca Monte dei Paschi, Siena, Italia
Bank ini berdiri pada tahun 1472 dan semula tujuan utamanya adalah untuk membantu warga miskin. Misi filntropi yang berjuluk Monte di Pieta atau yang Monte Pio ini diharapkan dapat mendukung ekonomi kota. Kata “monte” yang adalah tumpukan, mengacu pada banyaknya uang yang dibagikan untuk membantu warga miskin kota. Adapaun kata “paschi” berhubungan dengan mata pencaharian warga Siena saat itu yang berhubungan dengan pertanian dan penggembalaan ternak. Banca Monte dei Paschi saat ini telah membuka 3000 kantor cabang di seluruh italia dan berhasil mengumpulkan sekitar 4,5 juta nasabah.

2. Berenberg Bank, Hamburg, Jerman

Atas gagasan dua Berenberg bersaudara, Hans dan Paul, bank ini di dirikan pada tahun 1590. Tujuannya untuk membanu mengelola bisnis ekspor impor di Jerman. Berenberg bank sepertinya berdiri pada saat yang tepat saat itu karena pada masa itu kota Hamburg sedang berada pada era kemakmuran. Para pendirinya memiliki pergaulan yang luas, sehingga mampu merayu pebisnis asal Belanda yang saat itu tidak memiliki kewarganegaraan penuh di Hamburg. Saat ini, Berenberg bank merambah di bisini perbankan investasi, pengelolaan asset lembaga dan perorangan  serta perbankan komersial. Pada 2009, bank ini mampu meraih pemasukan hingga 3,4 miliar Euro.

3. C Hoare & CO,London, Inggris

Bank ini berdiri pada tahun 1672 dan menyediakan produk perbankan perorangan dan pengelolaan investasi. Pada masa Perang Dunia II, bank ini pernah di lalap api dan berhasil di selamatkan oleh karyawannya yang berani. Tipikal nasabah C Hoare & Co adalah orang atau keluarga yang memiliki jaringan tingkat  tinggi. Di Inggris Raya, bank ini menjadi bank tertua

0 komentar:

Posting Komentar