Selasa, 16 Juli 2013

Melirik Karir di Balik Layar

Filled under:



Holla urbaners sekalian..rata-rata urbaners sekalian pasti kerjanya di kantoran kan..?? nah tahu kah urbaners sekalian, bahwa selain kerja di kantoran ada juga lho kerjaan yang lain yang sangat menjanjikan untuk masa depan urbaners. Silahkan simak nih pembahasan berikut ini

Sekolah perfilman di Indonesia masih minim. Salah satu penyebabnya, masih banyak orang yang sangsi akan prospek karir di dunia perfilman.

Perlul dicatat, menjadi seorang aktor atau aktris bukan satu-satunya profesi yang menjanjikan dalam dunia perfilman. Ada banyak profesi lainnya yang bisa dipilih. Berikut ini adalah di antaranya.

1.    Produser
Jika menduduki profesi ini, gambaran dari awal hingga akhir sebuah perfilman perlu diketahui. Produser juga bertanggung jawab untuk mengumpulkan dana untuk membiayai proyek pembuatan film. Caranya bisa mendapatkan dukungan dari studio film besar, sponsor, atau independen.



2.    Sutradara
Dalam sebuah syuting, sutrada bertugas mengarahkan para aktor dan aktris agar melakukan acting sesuai scenario. Sutrada akan bekerjasama dengan sinematografer untuk memastikan hasil pengambilan gambar sesuai dan bertugas memutuskan jumlah dan jenis gambar yang diambil. Sutradara juga yang menentukan music yang menjadi latar atau soundtrack untuk keseluruhan film.

3.    Sinematografer

Seorang sinematografer perlu kemampuan untuk menguasai teknologi dan teknik pengambilan gambar dengan kamera video. Untuk menghasilkan tampilan gambar yang memikat mata, seorang sinematografer juga perlu memiliki daya seni. Terkadang pekerjaan sinematografer dan direktur fotografi dipegang oleh satu orang, tetapi bisa juga berbeda orang.

4.    Editor
Profesi ini tak kalah penting. Editor film dam video berperan untuk memilih adegan dan gambar terbaik yang sesuai dengan scenario dan visi sutradara serta sesuai dengan alokasi waktu yang dibutuhkan. Perkerjaan ini identik dengan menghabiskan banyak waktu di depan komputer untuk memilih dan memotong gambar, serta melakukan edit audio.

5.    Penulis scenario

Penulis scenario atau scriptwriter bertugas menulis naskah dengan lengkap. Skenario biasanya didapatkan dengan cara membeli ide atau menyewa penulis skenario. Bisa juga mengembangkan dari novel atau cerita pendek untuk di filmkan. Penulis skenario bisa merupakan seorang penulis lepas, jurnalis, novelis, atau orang yang memang sejak awal turut serta dalam pembuatan sebuah film.

Untuk mendapatkan karir yang bagus, semuanya tergantung dari pilihan kita sendiri. Semoga topik ini bisa membantu urbaners untuk memilih karir di luar dunia kantoran.


salam urban

0 komentar:

Posting Komentar