Jumat, 12 Juli 2013

Menanti Sistem Operasi Pesaing Android

Filled under:


Menanti Pesaing Android, Tizen, Ubuntu, Firefox OS, metro-urban.blogspot.com, metropolis city, urbaners, urban people, jakarta city, indonesia, mobile sistem operations

Seakan terinspirasi oleh Android yang berhasil menumbangkan para juara ponsel seperti Nokia dan Blackberry, serta mengganggu singgasana Apple di puncak, kini muncul berbagai sistem operasi baru. Sistem Operasi penantang ini memiliki ciri khas yang hampir mirip dengan Android yaitu open source. Dikabarkan tahun 2013 ini penantang ini akan hadir.

Mereka adalah Tizen, Firefox OS, dan Ubuntu. Mari kita bahas tiap-tiap penantang tersebut.

1. Tizen
Sistem operasi Tizen memakai inti program Linux. Tizen ditargetkan akan mampu beroperasi tidak hanya di ponsel dan tablet saja, tetapi juga untuk perangkat multimedia dalam kendaraan, televisi dan lainnya. Tizen merupakan proyek besar organisasi Linux Foundation bersama perusahaan besar Samsung dan Intel, donatur utama Linux Foundation. Tizen dimunculkan melihat aksi akuisisi Google atas Motorola Mobility. Samsung dan para produsen Android lainnya khawatir Google akan menganak emaskan Motorola. Bisa jadi ini merupakan langkah untuk mengantisipasi hal tersebut.



2. Firefox OS
Nama yang satu ini pasti tidak asing bagi para pengguna internet. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Mozilla Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang menciptakan perangkat lunak perambah (browser) Firefox. Mozilla mengklaim, sistem operasi mereka akan menjadi ekosistem mobile yang sepenuhnya terbuka. Diharapkan dengan adanya sistem operasi ini tercipta peluang bagi pengembang aplikasi untuk ikut meramaikan Firefox Marketplace. Nama produsen ponsel seperti ZTE dan CTL siap memproduksi perangkat berbasis Firefox OS. Mareka berharap perangkat dengan berbasis Firefox OS ini akan dapat dirilis pada tahun 2013.

3. Ubuntu
Berangkat dari sistem operasi komputer pribadi, Ubuntu sepakat untuk membangun sistem operasi perangkat mobile berbasis kernel Linux. Canonical selaku pengembang Ubuntu mengatakan Ubuntu mobile dirancang agar dapat berjalan di perangkat dengan prosesor ARM dan X86. Canonical ingin Ubuntu dapat menjangkau segmen pasar kelas menengah ke bawah dan menengah ke atas. Untuk menarik pengembang aplikasi, Canonical akan merilis Application Programming Interface (API) di Ubuntu.

Demikian sekilas tentang, beberapa pesaing Android yang akan datang.

salam urban

0 komentar:

Posting Komentar