Selasa, 16 Juli 2013

Atur Gaji Demi Masa Depan

Filled under:


atur gaji demi masa depan, metro-urban.blogspot.com, urbaners, urban people, cara hemat, tips dan trik menghemat gaji

Pagiii urbaners...apa kabar pagi ini? semoga baik-baik aja ya..Amiiiinn..
Pasti urbaners terutama yang karyawan pasti udah ga sabar ya pengen cepat-cepat gajian, kayak saya..hehehe :D, apa lagi udah mau Lebaran nih. Udah ga sabar mau belanja-belanja.

Tapi perlu diingat para urbaners, belanja itu perlu tapi harus di atur sesuai keuangan urbaners.

Nah, kali ini saya berbagi tips cara mengatur gaji urbaners.

Saat yang paling ditunggu oleh para karyawan adalah saat gaji di bayarkan. Tentu saja sudah banyak rencana yang melayang di angan-angan. Beberapa diantaranya tentu saja bersenang-senang, entah untuk liburan atau berbelanja.

Jika Urbaners mempunyai kebiasaan seperti itu, sebaiknya diubah dari sekarang. Bersenang-senang tidak dilarang, tetapi jangan boros. Usahakan untuk bisa menabung dengan rutin. Dengan rutin menabung, Urbaners sudah mempersiapkan masa depan dan memperbaiki kehidupan finansial.



1.    Menyisihkan gaji bulanan
Mulailah untuk menyisihkan gaji untuk ditabung. Bersikap tegaslah terhadap diri sendiri dan segera pindahkan uang tersebut. Idealnya, Urbaners bisa menyisihkan 10 sampai 30 persen dari gaji yang Urbaners dapatkan. Simpan direkening khusus dana tabungan. Usahakan jangan pernah memakai uang yang ada di tabungan tersebut.

2.    Belanja sesuai kemampuan
Berbelanjalan sesuai uang yang Urbaners dapatkan saat itu, bukan berdasarkan banyak uang atau bonus yang akan Urbaners dapatkan dikemudian hari.  Ingat, jangan megeluarkan uang untuk keperluan tidak penting dan berharap untuk mendapatkan uang ekstra setelahnya.

3.    Buat prioritas
Dahulukan membayar tagihan-tagihan sebelum membelanjakan uang untuk kepuasan semata. Urbaners harus menyisihkan uang diawal untuk membayar tagihan-tagihan tersebut. Jangan berpikir, Urbaners bisa menabung dari uang sisa gaji di tanggal tua.

4.    Investasi
Investasikan uang Urbaners melalui asuransi, reksa dana, atau deposito. Urbaners mungkin bisa mendapatkan uang selain dari gaji kantor dengan mencoba berinvestasi. Dengan cara ini, Urbaners akan berlatih untuk disiplin menabung.

5.    Stop belanja berlebihan
Saat menerima gaji bulanan, jangan membelanjakan uang sekaligus. Rencanakan berapa banyak Urbaners akan mengeluaran uang untuk belanja dan taatilah rencana tersebut. Jangan belanja sesuai keinginan dan nafsu sesaat, misalnya membeli tas dan sepatu terbaru, padahal barang yang lama masih bisa digunakan. Sebaiknya alokasikan dana untuk membeli barang-barang yang memang Urbaners butuhkan.

6.    Batasi pengunaan kartu kredit
Jangan memiliki dari dua kartu kredit didalam dompet jika tidak bisa mengontrol penggunaannya. Gunakan kartu kredit secara bijak agar tagihan kartu kredit Urbaners tidak membengkak. Tuntaskan semua pembayaran kartu kredit dan utang segera setelah gaji masuk.

semoga tips diatas bisa membantu urbaners sekalian ya..

salam urban

0 komentar:

Posting Komentar