Selasa, 09 Juli 2013

Masalah Kesehatan Selama Berpuasa

Filled under:


Masalah kesehatan selama berpuasa, tips selama puasa, metro-urban.blogspot.com, urbaners, urban people, bulan puasa

 Selamat malam urbaners...besok sudah mulai puasa nih buat para urbaners yang menjalani puasa besok, Metro-Urban mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa.

Nah, kali ini saya mau membahas sesuatu yang ada kaitannya dengan puasa yaitu tentang masalah kesehatan selama berpuasa.

Pola makan urbaners pasti akan berubah saat menjalani puasa. Perubahan ini bisa mengagetkan tubuh sehingga mungkin saja timbul masalah. Berikut ini beberapa masalah yang timbul saat urbaners menjalani puasa dan cara mengatasinya :



1. Dehidrasi
Dehidrasi atau kekurangan cairan adalah salah satu masalah yang sering terjadi. Sebenarnya dehidrasi tidak terjadi kalau urbaners tetap minum cairan secukupnya setiap hari. Oleh karena itu, ketika sahur, berbuka puasa, sampai menjelang tidur jangan lupa untuk minum dalam jumlah yang cukup. Selain itu, selama berpuasa, hindari aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat atau cairan tubuh.

2. Sembelit
Kadang, ketika berpuasa urbaners lupa akan asupan serat, seperti sayur dan buah. Oleh karena itu, setiap sahur dan buka jangan lupa sertakan sayur dan buah. Cairan juga harus cukup terpenuhi. Olahraga juga jangan diabaikan karena olahraga meskipun ringan akan menjaga gerakan usus tetap teratur.

3. Kembung
Masalah ini sering terjadi saat berpuasa arena jumlah asam lambung menurun. Ketika memikirkan atau mencium bau makanan, otak bereaksi dengan memberi perintah pada lambung untuk memproduksi lebih banyak asam lambung. Akibatnya jumlah cairan asam lambung meningkat dan terjadilah kembung.
Selain itu, makan makanan yang banyak gas seperti telor, kol, minuman bersoda, makan kekenyagan atau makan gorengan, tinggi lemak atau kaya bumbu juga bisa menyebabkan kembung.

4. Kekurangan Gula Darah
Jika mengalami lemas, lelah, sulit konsentrasi, berkeringat banyak, gemetar, sakit kepala dan sesak napas, serta tak bisa melakukan aktivitas fisik, ada kemungkinan urbaners mengalami kekurangan gula darah.
Bagi non-penderita diabetes, masalah kekurangan gual darah bisa terjadi karena saat sahur kebanyakan mengkonsumsi gula. Akibatnya, tubuh memproduksi lebih banyak insulin untuk menetralkannya, tetapi ternyata terlalu banyak hingga kdar gula menurun.

5. Bau Mulut
Bau mulut atau halitosis sering dialami oleh mereka yang berpuasa. Saat berpuasa, mulut juga "ikut berpuasa" menguyah. Karena tak melakukan aktivitas, produksi air liur pun menurun. Oleh sebab itu, urbaners perlu memperhatikan kesehatan mulut dan gigi. Kalau perlu, memeriksakan diri ke dokter gigi.

Nah, semoga tulisan diatas bisa membantu urbaners menjalani puasa dengan aman dan nyaman.

salam urban


0 komentar:

Posting Komentar