Senin, 22 Juli 2013

Menapaki Sejarah Aromaterapi

Filled under:


aromaterapi, fungsi aromaterapi, manfaat aromaterapi, jenis-jenis aromaterapi, sejarah asal usul aromaterapi, urbaners, urban people, metro-urban.blogspot.com

Urbaners semua pasti sudah pernah bahkan sering menggunakan aromaterapi kan? Sudah pada tau belom nih asal usul Aromaterapi ? kalau belum, mari kita simak artiket berikut ini.

Aromaterapi telah dikenal sebagai salah satu cara untuk memberikan efek relaks bagi mereka yang mengalami kesulitan tidur, badan pegal-pegal, dan menderita sakit tetentu. Aroma dan minyak esens diyakini dapat memberikan efek tenang dan menyembuhkan.

Semua itu, bermula dari abad pertama, tertera pada tulisan Dioscorides, seorang ahli farmakologi dan botani dari Yunani, dengan judul De Materia Medica. Ia yakin bahwa beberapa minyak esens memiliki manfaat menyembuhkan. Saat metode distilasi ditemukan pada abad ke-11, minyak esens sudah mulai digunakan sebagai obat-obatan.
aromaterapi, fungsi aromaterapi, manfaat aromaterapi, jenis-jenis aromaterapi, sejarah asal usul aromaterapi, urbaners, urban people, metro-urban.blogspot.com
Konsep aromaterapi tercetus pertama kali oleh peneliti dan dokter eropa pada 1907. Lalu pada 1937, kata aromaterapi muncul pertama kali dalam buku berbahasa Perancis berjudul Aromatherapie: Les Huiles Essentielles, Hormones Vegetales yang di tulis oleh Rene-Maurice Gattefosse, seorang ahli kimia. Suatu hari, Gattefosse mengalami luka bakar pada tangannya dan berhasil sembuh berkat olesan minyak lavender. Hal ini memperkuat hipotesis yang pernah diajukan sebelumnya.

Kemudian, seorang ahli bedah asal Perancis, Jean Valnet, menjadi pionir penggunaan minyak esens untuk dunia medis. Ia menggunakan minyak esens sebagai antiseptik untuk merawat luka-luka para tentara selama Perang Dunia Kedua.

Semoga bisa menambah informasi Urbaners sekalian


salam urban

0 komentar:

Poskan Komentar