Minggu, 08 September 2013

Pindah KTP ke DKI Jakarta Sekarang Makin Gampang dan Mudah

Filled under:

Syarat pindah ktp ke jakarta, prosedur dan tata cara pindah alamat antar propinsi, surat-surat untuk pindah ktp dari daerah ke jakarta



Mengurus perpindahan KTP dari daerah ke Jakarta, menurut yang saya baca di internet sepertinya sangat sulit. Tapi setelah saya mencoba untuk mengurus sendiri, ternyata tidak seperti yang di katakan kebanykan orang di internet, karena prosesnya sangat lancar dan cepat.

Saya sendiri mengurus perpindahan KTP dari Batam ke DKI Jakarta tepat di kebayoran baru, Jakarta Selatan, dan semuanya berjalan lancar dan saya hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp.25.000 dan selesai dalam sehari, sebentar lagi saya akan memiliki KTP DKI Jakarta beserta KK. Waaahh, ga nyangka bisa semudah ini.

Mungkin juga karena adanya Jokowi effect :D dan karena itu semuanya sekarang jadi serba cepat. yang terpenting adalah syarat yang diminta lengkap, dijamin pasti akan lancar. Saya sempat baca di sebuah blog, yang mengatakan kita harus membuat surat kelakuan baik di kepolisian tapi faktanya saya tidak pernah di tanyakan tentang surat keterangan kelakuan baik tersebut.

Setelah mengurus ke Dinas Kependudukan akhirnya saya di jadwalkan untuk foto KTP di keluarahan tanggal 28 September nanti. Lumayan lama sih, tapi ya ga apa-apalah yang penting beres dan lancar.

Nah, buat urbaners yang juga punya niat untuk pindah KTP ke Jakarta, ada baiknya disiapkan semua syarat dan kelengkapan yang di butuhkan berikut ini prosedur dan tata cara pndah alamat antar propinsi :

Prosedur dan tata cara pindah alamat rumah antar propinsi adalah sebagai berikut:
Pendaftaran pindah-datang penduduk WNI:
  1. Sesuai Pasal 15 UU Nomor 23 Tahun 2006, penduduk WNI yang pindah dalam wilayah NKRI wajib melapor kepada instansi pelaksana (perangkat pemerintah kabupaten / kota yang bertanggung jawab dan  berwenang melaksanakan pelayanan dalam urusan administrasi kependudukan) didaerah asal yang dalam hal ini adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, untuk mendapatkan Surat Keterangan Pindah (SKP).
  2. Selanjutnya penduduk WNI wajib melapor kepada instansi pelaksana ditempat tinggal tujuan dengan membawa SKP, untuk mendapatkan Surat Keterangan Pindah-Datang (SKPD).
  3. SKP/SKPD digunakan sebagai dasar perubahan atau penerbitan KK dan KTP bagi penduduk yang bersangkutan.
  4. Sesuai Pasal 59, penandatanganan SKP/SKPD bagi penduduk WNI adalah sebagai berikut:
    • Untuk pindah-datang dalam satu desa/kelurahan atau antar desa / kelurahan dalam satu kecamatan ditandatangani oleh Kepala Desa atas nama Kepala Instansi Pelaksana (Kepala Dinas Kendudukan dan Pencatatan Sipil)
    • Untuk pindah-datang antar kecamatan ditandatangani oleh Camat atas nama Kepala Instansi Pelaksana (Kepala Dinas Kendudukan dan Pencatatan Sipil).
    • Untuk pindah-datang antar Kabupaten / Kota dan antar Provinsi ditandatangani oleh Kepala Instansi Pelaksana (Kepala Dinas Kendudukan dan Pencatatan Sipil).
Langkah-langkah untuk pindah-datang antar kabupaten/kota dan antar propinsi adalah sebagai berikut:
  1. Mendatangi RT dan RW tempat tinggal untuk mengurus Surat Pindah (SP) dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK)
  2. Surat dari RT / RW dibawa ke kelurahan dan kecamatan, SP tersebut akan diganti oleh kelurahan/kecamatan dan akan terbit Surat Keterangan Pindah (SKP). Sebagai data arsip, KTP dan KK yang diserahkan akan disimpan.
  3. SKP memiliki 2 lembar. Lembar pertama akan dilanjutkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dimana alamat yang lama akan diganti dengan selembar surat yang sudah dicap dan ditandatangani serta dilengkapi oleh alamat yang baru. Lembar kedua SKP adalah tembusan untuk kelurahan/kecamatan alamat yang baru.
  4. Pada saat kita pindah berkas yang dibawah ini perlu ada :
    • SKP yang berstempel dan bertandatangan kepala kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
    • SKP tembusan yang berstempel dan bertandatangan kepala kelurahan/kecamatan
    • 2 lembar surat kelakuan baik
  5. Di tempat alamat baru, yang perlu dilakukan adalah :
    • Lapor ke RT/RW dan mendaftar/memasukkan data anggota keluarga yang pindah kedalam Kartu Keluarga (KK) dan membuatkan KTP
    • Melapor ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
    • Melapor ke kantor kelurahan/kecamatan dan proses pembuatan KK dan KTP

111 komentar:

  1. jadi perlu nggak surat keterangan kelakuan baik?

    Kok di atas dibilang nggak ditanyakan tapi di bawah harus dipastikan ada?

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari yang apa saya alami sih tidak perlu membawa KKB dari kepolisian dan semuanya berjalan lancar, saya kurang tau dengan kebijakan dari daerah masing-masing mungkin ada yang berbeda :)

      Hapus
  2. berapa lama proses KTP dan KK sampai turun ke pemilik dgn alamat baru?

    BalasHapus
  3. Yang saya alami di kelurahan Gandaria Utara untuk KTP 3 Hari setelah foto dan sidik jari sedangkan untuk KK 1 hari setelah menerima KTP

    BalasHapus
  4. saya di sodorkan surat untuk pemberi kerja untuk di tanda tangani oleh perusahaan
    apakah itu juga termasuk dalam syarat pindah domisili?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari yang alami, saya tidak pernah mendapatkan surat untuk pemberi kerja. mungkin saja ini merupakan kebijakan tersendiri dari setiap daerah dan daerah anda mewajibkan hal itu.

      Hapus
  5. katanya harus ke walikota benarkah? terima kasih

    BalasHapus
  6. bisa ga tanpa bawa skp,.? pindah antar kota trus ga sempat buat soalnya, rep ke 089677903201

    BalasHapus
  7. Numpang tanya donk.
    Kalau mau pindah KTP dr daerah ke Jakarta sendirian (jd ga ada KK sendiri) gmna?
    Trus kalau KTP lamanya disimpan sama kelurahan/kecamatan lama, mau ke Jktnya gmn donk (ga ada KTP ga bisa check-in di bandara).
    Btw no. KTP-nya berubah ga kalau pindah KTP?
    Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Kalau ga punya KK sendiri bisa numpang di KK keluarga agan di Jakarta

      2. Kalau KTP lama disimpan sama kelurahan, agan gunakan saja fotocopy-an KTP agan. Jadi agan bisa gunakan juga saat check-in di bandara.

      3. Untuk no. KTP tidak berubah gan, tetap seperti yg lama.

      Semoga bisa membantu agan Jony Lim. :)

      Hapus
    2. Saya mau buat ktp tapi ga punya kk jakarta gimana ga punya keluarga di jakarta numpang kk nya itu harus kk jakartanya gak?
      Terimakasih

      Hapus
  8. slamat sore pak. kalau mau mengurus surat pindah dari satu provinsi ke provinsi lain ada ga cara simple nya, berhubung sekarang saya di tangerang dan asal surat kependudukan saya di medan .. rasanya sangat tidak mungkin dalam waktu dekat ini jika saya harus kembali kemedan untuk mengurus surat pindahnya, apa tidak ada layanan online dari dinas kependudukan agar bisa membantu untuk meringankan jarak dan waktu seperti masalah yang sedang saya alami ini. Besar harapan saya bapak dapat memberikan bantuan atau solusi dalam menanggapi masalah saya ini, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam Pak Adhie Munaf, kalau untuk mengurus surat pindah tanpa harus anda ke tempat asal (Medan), silahkan minta bantuan orang yang anda kenal di Medan,karena untuk mengurus surat pindah bisa di titipan, asalkan anda mengirim KTP asli asal anda sekarang ke Medan (fotocopy dulu sebelum dikirim, buat berjaga jaga jika anda membutuhkan). jika sudah, tinggal anda mengurusnya ke kantor kelurahan di Jakarta. Untuk layanan online sepertinya belum ada Pak.

      Hapus
    2. Adhie munaf , saya kebetulan juga mau pindak ke tangerang gimana ya ?

      Hapus
  9. Selamat siang,


    Mo tanya dunk, klo mau pindah alamat KTP DKI masih satu kecamatan, itu tetep harus pake kk ga yah, soalnya kk yang lama hilang


    TQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Pagi ibu Yanti, untuk satu kecamatan masih tetap menggunakan KK.

      Hapus
  10. Selamat malam,

    Mau tanya donk. Kalau alamat pindah di Jakarta'a adalah alamat rumah kost, bukan rumah milik sendiri, bisa buat KK dan KTP gak?

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Pagi, bisa saja asalkan anda sudah meminta ijin dari pemilik rumah kost atau kontrakan.

      Hapus
    2. Ini mereka minta surat PBB alamat rumah tujuan ga ya mas? Saya juga mau jadikan alamat kosan buat alamat di ktp

      Hapus
  11. mas saya mo pindah ntar provinsi tapi ga ada kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus di buat dulu KK nya, coba tanyakan KK keluarga anda.

      Hapus
  12. asalamualikum mas..saya mau pndah daerah dari medan ke aceh..bisa ga tanpa hapus kk dan ktp saya yg alamatny di medan thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mualaikum salam..untuk pindah dari Medan ke Aceh harus menggunakan KK dan KTP lama anda

      Hapus
  13. Pagi Mas, Saya mau tanya, saya sudah mengurus surat dari daerah dan saya sudah mendapat SP dari RT dan RW, sekarang masalahnya adalah Lurah dan Camat Pak, kira-kira berapa lama sejak saya serahkan data untuk buat KTP dan KK nya? soalnya saya butuh cepat KTP nya Pak. Masalahnya orang Lurahnya maksa suruh bikin sama dia satu keluarga (6 org) @500,000, bangkrut lah Pak, masa orang pemerintah peres uang rakyat kyk gitu. Sekarang saya malah jd takut dipersulit ama orangnya nih Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah dapat surat pengantar dari RT RW, selanjutnya memang di Kelurahan dan semuanya GRATIS. Laporkan oknum Kelurahan tersebut ke Lurah setempat. Jika masih di persulit silahkan laporkan ke Pak Ahok.

      Hapus
  14. boong semua klw dibilang gampang ngurus surat pindah contohnya apa yg sya alami sya pindah dr jakarta ke bogor sya minta surat pindah ke RT,RW,KELURAHAN di alamat CENGKARENG TIMUR JAKARTA BARATA RT 10 RW 11 di minta'n uang oleh RT yg bernama H.M.Rais sebesar 1jta memang keadilan tdk pernah berpihak ke org miskin seperti saya :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Fariel: Masa iya Ketua RT berani minta uang buat ngurus Surat Pengantar? Klo begitu dilaporin aja mas ke RW atau Kelurahan biar diganti itu RT nya.. Ya klo bisa direkam waktu si RT minta uang nya..

      Hapus
    2. Wah mantan preman tuh rt nya, rt tugasnya hanya membuat surat pengantar, paling kita isi kas rt 5000/10000.

      Hapus
    3. Waduh sangat di sayangkan tindakan ketua RT anda Pak. Seharusnya Bapak segera melaporkan ketua RT tersebut jika meminta uang seperti itu. Pengalaman saya RT tidak meminta imbalan apapun, tapi saya memberi seikhlasnya 20ribu buat Pak RT.

      Hapus
  15. mo tanya donk ktp saya medan, tp saya kerja di tangerang dan tempat tingal ngekos.bagaimana cara mengurus KTP dan KK JIKA saya mengurusnya di tangerang dengan tmpt tingal ngekos.mohon infony??


    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi Ibu Elf rida, Ibu bisa minta tolong keluarga di Medan untuk mengurus surat pindah dan nanti Ibu bisa meminta ijin terlebih dahulu kepada pemilik kos untuk menggunakan alamat kos.

      Hapus
  16. Tipu aja
    Dikantor kepundudukan walikota
    Minta jaminan dari orang jakarta
    Terus minta kelakuan baik dari tempat asal.

    BalasHapus
  17. Selamat siang

    Mau tanya donk. Kalau alamat pindah di Jakarta adalah alamat rumah kost, bukan rumah milik sendiri, bisa buat KK dan KTP gak?

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Pagi Bu Febriyanthi, untuk menggunakan alamat rumah kost mungkin Ibu bisa meminta ijin terlebih dahulu ke pemilik rumah kost. Jika sudah mendapat ijin dari pemilik rumah kost anda bisa langsung mengurusnya.

      Hapus
  18. pertanyaan yang sama dengan agan febriyanthi,,,,,

    BalasHapus
  19. Sorry mau tanya...klo bikin KK dan KTP dijakarta bisa ga ya?...tp sy skrng ga punya identitas apapun selain sim sebab ada mslh intern keluarga...hingga ga mungkin sy kembali kekota asal...tp no ktp yg lama sy msh ingat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kasus anda sepertinya agak sulit untuk bisa mengurus KTP dan KK karena harus membutuhkan surat pindah dll dari tempat asal anda.

      Hapus
  20. Saya dr Tangerang mau pindah ke Jakarta tetap diminta surat kelakuan baik dan hari sabtu polres dan polsek tutup untuk pembuatan surat kelakuan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda mengurus SKKB selain hari sabtu, karena SKKB merupakan salah satu syarat.

      Hapus
  21. Saya sudah buat surat keterangan pindah dari bengkulu ke tangerang, untuk proses pembuatan ktp dan kk yang baru, saya diminta 400 ribu oleh RT untuk proses pembuatan KTP dan KK langsung terima jadi, sejak akhir desember, sampai sekarang, saya belum menerima KTP dan KK yang saya buat, setiap saya tanya oleh RT belum jadi, mohon pencerahan, dimana Letak kendala dari proses pembuatan KTP dan KK terbaru saya ditangerang, by yeri-ciledug

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sepertinya anda sudah di tipu oleh oknum RT setempat. seharusnya tidak ada pungutan uang apalagi sampai 400ribu. Saran saya, segera laporkan oknum RT tersebut karena anda sudah di tipu. jika surat pindah anda sudah lengkap, anda hanya butuh surat pengantar dari RT setempat dan itu GRATIS. Pengalaman saya, saya hanya memberi 20ribu sebagai tanda terima kasih.

      Hapus
    2. Mas saya sudah menerima SKP dr disdukcapil tmpt asal tapi gk ada tanda tangan kadis nya cuma ada tanda tangan sekretaris nya aja gimana ya?

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Waktu ktp + kk di kelurahan dah jadi, apa ada biaya administrasinya bang? Pada saat pengambilanya nya

    BalasHapus
  24. misi Om saya mau tanya,saya dulu KTP jatim terus saya bikin KTP jakarta lengkap sama KK ya.sekarang saya mau nikah sama orangtua suruh bikin KTP jatim lagi biar ngk ribet gitu nanti ngurus segala sesuatunya.kalo bolehtau syarat"ya apa saja ya Om kalo mau bikin KTP jatim lagi.apa surat penganter dari Rt saja sudah cukup.mohon jawabanya. tanks

    BalasHapus
  25. Ternyata free, jokowi -- ahok efek

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum numpang tanya gan kalau saya mau mengurus surat pindah untuk pribadi ( saya sendiri ) karena yang akan pindah hanya saya tidak satu keluarga apakah perlu ketika meminta surat Pindah ke RT atau RW setempat membawa KK asli

    BalasHapus
  27. Saya sudah buat surat pindah dari bekasi ke jakarta, untuk proses pembuatan KK dan KTP yang baru, dan juga saya sudah buat surat keterangan pindah alamat dari RT dan RW yang baru, setelah itu saya langsung ke kelurahan, sesampai nya di kelurahan di cek lah kelengkapan surat-suratnya, ternya masih ada yang kurang yaitu SKCK dari kepolisian, dan tidak lama saya langsung pergi ke polsek bekasi, sesampainya di sana ternyata harus ada surat keterang dari RT, RW dan Kelurahan bekasi barulah bisa bikin SKCK. saya mau tanya apakah bisa tdk pakai SKCK..dan prosesnya berapa lama untuk KK dan KTP setelah persyaratan lengkap..masalahnya saya butuh KK untuk daftar sekolah anak.. terima kasih...Ulfa - Jakarta

    BalasHapus
  28. Pak Gervas Olla, Mohon info apakah ada aturan yang melarang pindah alamat dengan numpang alamat tapi dia tidak berdomisili di alamat tersebut? atau selama yang punya rumah memperbolehkan alamatnya digunakan, maka pindah penduduk bisa diproses. Trm ksh.

    BalasHapus
  29. SelAmat sore .Trimakasih infonya ya gan.

    BalasHapus
  30. sya sudah punya e-ktp seumur hidup nih dari daerah.. tapi saya sdah di jkta skarng... apa perlu sya ngurus yg baru atau nggak... karana kata orang.. e-ktp berlaku di seluruh indonesia... benar nggak...?
    balas di 082360549121..
    bram.

    BalasHapus
  31. Saya Mau pindah Alamat dr daerah ke DKI..sarat2 dari daerah sudah ok..pas di kelurahan di mintain penjamin kitavdi DKI padahal saya Pindah satu keluarga..KTP lama dan KK lama sudah ditarik ditmpt lama kita/daerah..bagimana solusiny jika kita di DKI tidak ada Penjamin yg KTP DKI

    BalasHapus
  32. harus punya tempat tinggal dulu? rumah / apartemen atau bagaimana?

    BalasHapus
  33. Assalamu alaikum....naama sya nana 29 th asal sya dr bogor udah 2 th menikah dan istri sya dr jakarta .
    Sya krja di jakarta dan saya berniat ingin agar istri sya berdomisili di bogor .
    kira2 syrat apa saja yg harus dlakukan dan bgaimana caranya....
    Terima kasih .
    wassalamu alaikum.

    BalasHapus
  34. Mas kalo mau urus bawa kknya yang fotokopi aja apa am ayang aslinya juga?

    BalasHapus
  35. Met pagi pak mau tanya ktp jakarta saya mati lama tp sy sempet ngurus ktp dipapua. Sekarang saya mau tinggal dijakarta lagi begitu mau ngurus ktp ditempat sy bikin dijakarta barat ternyata didalam kk lama nama saya sudah dihapus bagaimana mengurusnya lagi. Sementara saya ngurus ditempat tinggal saya dijakarta timur ama rtnya dimintakan uang 450ribu buat ngurusnya sekalian dengan kk jakarta karena saya punya kk papua mohon penjelasannya.mksh pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus minta surat pindah dari Papua karena ibu sudah terdaftar di Papua. Untuk mengurus semuanya tidak di pungut biaya alias GRATIS. setelah mendapatkan surat keterangan pindah dari Papua selanjutnya langsung aja di urus di RT - RW - Kelurahan

      Hapus
  36. terima kasih infonya mas Gervas Olla.
    Sangat membantu..

    BalasHapus
  37. Pak saya mau tanya jika ktp saya hilang ktp batam skrng saaya tinggal dijakarta untuk saya buat ktp sulit sekali..apa solusinya pak

    BalasHapus
  38. Pak saya mau tanya jika ktp saya hilang ktp batam skrng saaya tinggal dijakarta untuk saya buat ktp sulit sekali..apa solusinya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin dulu surat keterangan kehilangan di Polisi, setelah itu baru di urus ke RT - RW - Kelurahan

      Hapus
  39. Tidak mudah membuat KTP. Padahal sama2 satu negara. Sulitnya membuat ktp seperti mau pindah antar negara saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah kok mas,asal semua syaratnya lengkap

      Hapus
  40. mau nanya dong.. aku mau buat ktp tapi susah.. dulu aku punya ktp jakarta ternyata itu ktp dan kk bodong pas mau aku perpanjang ternyata data aku tidak ada.. dulu minta tolong tetangga yg ngurus maklum dulu masih blom tau jkta.. gmn ya solusinya.. thx.. l

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan bawa ke kelurahan dan ceritakan yang sebenarnya. Nanti dari kelurahan akan di bantu untuk selanjutnya.

      Hapus
  41. Ass sya mw tanya...klo gk punua ktp daerah ..mw bikin ktp dki... bisa gk terimkasih 081236299854

    BalasHapus
  42. Ass sya mw tanya...klo gk punua ktp daerah ..mw bikin ktp dki... bisa gk terimkasih 081236299854

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh gimana mau bikin ktp dki,kalau tidak punya ktp,,lebih baik bikin ktp daerah dulu,trus minta surat keterangan pindah dari daerah asal,baru bisa membuat ktp dki

      Hapus
  43. assalamuallaikum.sya mau nimbrung nih,...masalh ktp,saya juga udah buat d jakrta tapi prosesnya lama bgt, dari bulan oktober 2015 sampai sekarang mei 2016 belom jadi ,pdahal sya udah bayar 1.300.000 kata pak rt bisa cepat.kok jadi lama bgt , malah sekarang belom jadi juga,suruh ngurus ke Sudin sendiri. hmmm..puyeng juga buat ktp d jakrta .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah untuk mengurus semuanya tidak perlu membayar karena semuanya GRATIS. Silahkan laporkan oknum RT tersebut.

      Hapus
  44. Apakah benar dibutuhkan surat penjamin, ktp dan kk dari orang yg tinggal satu RT dng kita? Rasanya kok sulit, karna kan kita blm kenal satu sama lain.

    BalasHapus
  45. GILA BENAR NGURUS SURAT PINDAH DARI SUMATRA KE JAKARTA HINGA MENCAPAI 200 RIBU,,,BAGUS UNTUK BUAT BELI BERAS AJA...KALAU BEGINI TERUS2AN LAMA KELAMAAN RAKYAT KABUPATEN LANGKAT EG AKAN M,PUNYAI DATA2 KE INDONESIAAN SEMUA JADI TERORIS LAGI BAGUS EG PERLU KTP EG PERLU KK BEBAS GITU???

    BalasHapus
  46. Mau tanya, saya pindah dari depok ke ciracas jakarta. Dan saya sudah proses SKPD smp kec.ciracas.. dan sya diberikan tanda terima berkas permohonan pindah datang warna merah dan 14hari kerja suruh balik lagi ke kecamatan ciracas kop suratnya Suku Dinas Kependudukan Dan Pencatatan sipil Jaktim.
    apakah stlh 14 hari saya harus ke SUDIN lg atau tinggal ke kelurahan ciracas untuk buat KK dan KTP? Rep ke yudi.ipb@gmail.com ya.. thx

    BalasHapus
  47. Selamat pagi agan..mau tanya donk kan saya udah ngurus surat pindah asal di argamakmur oleh bapak saya tapi e-ktp saya blm jadi2,tp ada ktp saya lagi yg bukan elektrik tapi beda kecamatan nah yang mo saya tanyakan nanti dipermasalahkan tidak ya kalau saya membawa surat pindah dr asal ke tujuan saya di cengkareng jakarta padahal e-ktp asal saya gak ada tapi kata bapak saya kecamatan udah memberi NIK eKTP apa itu bisa membantu hanya NIK saja? Dan wkt nikah di jakarta saya gunakan ktp yg belum elektrik.(disini saya punya 2 KTP ditempat asal dan beda kecamatan 1.udh elektrik tp belom jadi2 smpe skrg itu di kec.putri hijau bengkulu,2.blm elektrik di kecamatan pondok suguh) bagaimana ya agan tolong saya donk.....makasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya gunakan saja e-KTP karena itu nanati yang akan berlaku.

      Hapus
  48. saya mau tanya, saya tinggal di batam, dan saya akan pindah k jakarta dalam urusan pekerjaan, apakah saya harus membuat ktp jakarta juga apa tidak? trims
    reply ke ID line : tezardalfattah

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak perlu jika urusan kerjaan hanya temporary atau sementara. tapi jika memang sudah memutuskan untuk pindah seterusnya maka harus memebuat KTP DKI Jakarta

      Hapus
  49. mas...kalo surat keterangan pindah domisili nya mati. dan saya mau ngurus surat pindah nya lagi tapi dengan alamat tujuan pindah yang berbeda dengan sblum nya. gmna mas..bisa gak mas ?? terima kasih

    BalasHapus
  50. Sy sudah dpt SKP dari daerah asal. Utk mengurus SKPD di daerah tujuan, urutannya kemana dulu mas? Rt/rw, kelurahan, kecamatan atau ke dukcapil dulu? Soalnya info dari daerah asal, saya disuruh langsung ke dukcapil tujuan. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah anda sudah memiliki syarat yg lengkap seperti skp daerah asal,,anda kemudian harus membawa foto copy kk penjamin tempat tujuan saudara tinggal,kemudian lapor ke ketua RT dan RW,,dan setelah anda selesai dari Rt/Rw kemudian bawa berkas anda ke kelurahan,dan disana anda akan di arahkan sama petugas kelurahan untuk cetak RESI pembuatan Kk tunggal dan KTP

      Hapus
  51. Saya mau nanya dong saya dr provinsi jawa tengah trs mau pindah ke dki jakarta trs gi mn cara bs punya ktp atau ektp dan kk sedangkan saya dah meningkah di jakarta warga jakarta trs saya lg bingun mau bikin ktp dki tp ktp daera,a ilang trs saya minta surat pindah dr daerah bawa saya bertujuan mau pindak ke dki dan isteri saya dah punya kaka sendiri kira2 gi mn ya solusi,a mohon info,a ya

    BalasHapus
  52. As,salam mulaikum mau nanya nih siapa aja yg bs jawab saya dr daera jawa tengah trs ane mau pindah di dki jakarta tempat,a di jakarta utara nah saya mau bikin ktp atau ektp dki dan kk tapi yg saya masalahin ktp daerah saya ilang trs ane ga minta surat ke hilangan malah saya pulang kampung ngurus surat pindah nah sekarang dah dapat surat pindah,a trs ada yg bingung lg saya dah ningkah di jakarta sama warga jakarta sebelum saya ningkah dulu saya punya ktp daerah nah sekarang ane belum punya kk en ktp dki tp isteri ku dah punya kk tp kepala keluarga,a suami,a yang dulu kira,kira gi mana ya sedulur tolong dong soal,a saya dah bikin surat pindah dari daerah aja dah abiz 400.000 ribu gi mn ya solusi,a





    BalasHapus
  53. As,salam mulaikum mau nanya nih siapa aja yg bs jawab saya dr daera jawa tengah trs ane mau pindah di dki jakarta tempat,a di jakarta utara nah saya mau bikin ktp atau ektp dki dan kk tapi yg saya masalahin ktp daerah saya ilang trs ane ga minta surat ke hilangan malah saya pulang kampung ngurus surat pindah nah sekarang dah dapat surat pindah,a trs ada yg bingung lg saya dah ningkah di jakarta sama warga jakarta sebelum saya ningkah dulu saya punya ktp daerah nah sekarang ane belum punya kk en ktp dki tp isteri ku dah punya kk tp kepala keluarga,a suami,a yang dulu kira,kira gi mana ya sedulur tolong dong soal,a saya dah bikin surat pindah dari daerah aja dah abiz 400.000 ribu gi mn ya solusi,a





    BalasHapus
  54. Saya mau nanya dong saya dr provinsi jawa tengah trs mau pindah ke dki jakarta trs gi mn cara bs punya ktp atau ektp dan kk sedangkan saya dah meningkah di jakarta warga jakarta trs saya lg bingun mau bikin ktp dki tp ktp daera,a ilang trs saya minta surat pindah dr daerah bawa saya bertujuan mau pindak ke dki dan isteri saya dah punya kaka sendiri kira2 gi mn ya solusi,a mohon info,a ya

    BalasHapus
  55. Nomor 2 maksudnya apa gan?

    Selanjutnya penduduk WNI wajib melapor kepada instansi pelaksana ditempat

    BalasHapus
  56. Itu kutipan,a yg di atas bang

    BalasHapus
  57. Maaf saya mau nanya..kalau saya mau bikin ktp dki sendiri bagaimana caranya..sementara sekarang saya tinggal di depok..dan bekerja di jakarta..terima kasih jawabanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. JASA buatI IJAZAH KTP, KK, AKTE dllASPAL ( not crime) COD,REKBER wellcome Buat juragan, sista yg sibuk atau disaat genting kehilangan dokumen penting contoh : - saat pendaftaran kerja/ kuliah/ beasiswa harus mengumpulkan ktp/kk dll tapi hilang. Saya siap menyediakan ktp/kk,akta,sim, dll dengan harga terjangkau kemiripan 95% . Berikut list Ket* bahan kertas/kartu asli sesuai yg digunakan umumnya (jual kertas kk, ktp dll) . Hologram pun sesuai. KTP lama/kertas : 150.000 EKTP : 300.000 Sim A, C, B1,B2.D : 300.000 Kartu keluarga. : 500.000 Akte kelahiran. : 350.000 Kontak :082280856808 paket murmer dokumen/data scan (edit scan no print. Hasil lewat email) dijamin rapih dan mirip. Ktp,kk,sim,npwp,surat nikah, bpkb dll : 100.000 UNTUK DOKUMEN LAIN IJAZAH, NPWP, PASPORT, BUKUNIKAH dll bisa KONTEK saya dulu karena tidak bisa dikerjakan sendiri dan ketidak pastian saya mampu atau tidak mengerjakannya, serta harga yg tidak pasti. Sedia juga REKENING ALL BANK ready dan bisa request untuk anda yg sibuk, blacklist dibank,blacklist dalam bisnis dan ingin membangun /menebus kegagalan dimasa lalu. List: (untuk ya ready) all bank -Buku tab +Atm : 500.000 -Buku tab +atm+token+mbanking : 750.000 -Buku tab +Atm+ token+mbanking+ktp 1000.000 (untuk request nama wajib dengan ktp/ektp) maka 2 hari -buku tab, atm, token, mbanking KTP: 1.500.000 -buku tab,atm, token, mbanking, KTP, KK : 2000.000 (lgkp ktp lama dan ektp) Ket** saya tidak menerima pengurusan rekening bermasalah yg disebabkan customer seperti hilang, tertelan dll karena itu disarankan paket lgkp dgn ktp. Untuk ktp lama(kertas foto bisa diganti setelah rekening jadi) ------------------------------------------------------note*** : semua dokumen yg dipesan asli/tidak, dengan tujuan baik atau tidak semua tanggung jawab anda. Ibarat jual pisau anda bisa berbuat baik memasak dan kegiatan rumah atau anda bisa membunuh atau merampok orang. Semua tergantung niat anda. COD wellcome lokasi bandar lampung Kontak 081369277909

      Hapus
  58. JASA buatI IJAZAH KTP, KK, AKTE dllASPAL ( not crime) COD,REKBER wellcome Buat juragan, sista yg sibuk atau disaat genting kehilangan dokumen penting contoh : - saat pendaftaran kerja/ kuliah/ beasiswa harus mengumpulkan ktp/kk dll tapi hilang. Saya siap menyediakan ktp/kk,akta,sim, dll dengan harga terjangkau kemiripan 95% . Berikut list Ket* bahan kertas/kartu asli sesuai yg digunakan umumnya (jual kertas kk, ktp dll) . Hologram pun sesuai. KTP lama/kertas : 150.000 EKTP : 300.000 Sim A, C, B1,B2.D : 300.000 Kartu keluarga. : 500.000 Akte kelahiran. : 350.000 Kontak :082280856808 paket murmer dokumen/data scan (edit scan no print. Hasil lewat email) dijamin rapih dan mirip. Ktp,kk,sim,npwp,surat nikah, bpkb dll : 100.000 UNTUK DOKUMEN LAIN IJAZAH, NPWP, PASPORT, BUKUNIKAH dll bisa KONTEK saya dulu karena tidak bisa dikerjakan sendiri dan ketidak pastian saya mampu atau tidak mengerjakannya, serta harga yg tidak pasti. Sedia juga REKENING ALL BANK ready dan bisa request untuk anda yg sibuk, blacklist dibank,blacklist dalam bisnis dan ingin membangun /menebus kegagalan dimasa lalu. List: (untuk ya ready) all bank -Buku tab +Atm : 500.000 -Buku tab +atm+token+mbanking : 750.000 -Buku tab +Atm+ token+mbanking+ktp 1000.000 (untuk request nama wajib dengan ktp/ektp) maka 2 hari -buku tab, atm, token, mbanking KTP: 1.500.000 -buku tab,atm, token, mbanking, KTP, KK : 2000.000 (lgkp ktp lama dan ektp) Ket** saya tidak menerima pengurusan rekening bermasalah yg disebabkan customer seperti hilang, tertelan dll karena itu disarankan paket lgkp dgn ktp. Untuk ktp lama(kertas foto bisa diganti setelah rekening jadi) ------------------------------------------------------note*** : semua dokumen yg dipesan asli/tidak, dengan tujuan baik atau tidak semua tanggung jawab anda. Ibarat jual pisau anda bisa berbuat baik memasak dan kegiatan rumah atau anda bisa membunuh atau merampok orang. Semua tergantung niat anda. COD wellcome lokasi bandar lampung Kontak 081369277909

    BalasHapus
  59. Pak saya ada kendala dalam pengurusan ktp, saat ini saya di jakarta sedangkan asal ktp saya batam, saya sudah mendapatkan surat pindah dari rt/rw dibantu oleh kakak ipar saya (satu2nya keluarga saya dibatam) tapi pada saat ke kelurahan mereka bilang; pengurusan ktp tidak bisa diwakilkan, artinya saya harus kembali lagi ke batam yang membutuhkan ongkos yg tidak sedikit sedangkan di jakarta saya habis menikah dan keluarga banyak di jakarta (krn saya asli jakarta dibatam sudah 10 tahun menetap krn pekerjaan)dan belum bekerja bagaimana ini? Semua2 di jkt butuh SKCK kecuali jadi pak ogah.

    BalasHapus
  60. Mau nanya mas, KK kita setelah jd itu yg bertandatangan di KK kita siapa? Tandatangan pak lurah dgn an. Pak camat, atau kepala dinas capil?

    BalasHapus
  61. jadi perlu nggak surat keterangan kelakuan baik?
    Kok di atas dibilang nggak ditanyakan tapi di bawah harus dipastikan ada?

    thanks

    BalasHapus
  62. Jasa pembuatan Ijazah SMA, SMK , D3, S1 PTN / PTS seluruh nusantara lgkp dgn transkrip. Terima jg pembuatan EKTP, KK, Akte Buku Nikah, SIM , BPKB dll proses kilat syarat gk ribet blangko asli bukan aspal. PIN BB : D71DB8FD Wa : 082178571067

    BalasHapus
  63. mohon info nya, Sepupu saya berusia 18 tahun, tinggal di cileungsi, sampai dengan saat ini belum mempunyai KTP dan KK.. Dia mengikuti orangtua nya pindah dari Trenggalek, pogalan ke cileungsi dari usia 7 - 8 tahun. Belum mengurus surat pindah. Pertanyan saya, gimana caranya mengurus surat pindah terlebih dahulu kemudian buat ktp di cileungsi atau buat KTP langsung di trenggalek. sementara itu dokumen nya sudah tidak ada semua. mohon pencerahannya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah orang tua nya punya KK ? jika punya silahkan di input dulu ke KK ortu kandung nya. kemudian sekalian di urus surat pindahnya. Tapi jika orangtua nya belum punya KK, silahkan di input ke KK keluarga terdekat. Jika dokumennya hilang pasti ada lampiran nya di dinas kependudukan.

      Hapus
  64. sepupu saya menikah dgn s'org janda 1 anak,stlah dslidiki si anak blm trdftar dlm kk neneknya(karna si ibu msh ikut kk ortu).skrg si ibu sdng ngrus pmndhan kk dn ktp dki.
    yg ingin saya tanyakan nasib si anak itu gimana y,apa bisa ikut dlm kk dki si ibu(apa gimana y)
    tolong solusinya,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja si anak bisa masuk ke KK ibunya. Yang penting si ibu sudah punya KK sendiri. Silahkan di urus ke kantor kecamatan untuk mengurus KK bawa juga 2 orang keluarga sebagai saksi

      Hapus
  65. bang harus bikin skck juga gak? sya dari depok ke jkt

    BalasHapus
  66. Dari pengalaman saya sih ga pake SKCK, tapi saran saya di bikin aja siapa tau nanti di mintain SKCK.

    BalasHapus
  67. maaf gan, numpang nanya
    saya mau ngurus surat domisili di temapt tujuan, tapi karena saya masih kost pihak RT nya tidak mau memberikan surat keterangan domisili..
    ada pencerahan gak mas?

    BalasHapus
  68. Mau tanya bang kalau pindah KK dan KTP dari Sumatera ke Jakarta apakah benar ada biaya sebesar Rp.750.000,- ??
    Orang Kelurahannya bilang akan diurus sama mereka semua, sedangkan dari surat-surat, SKP dll dari daerah asal sudah lengkap dan asli semua.
    Mohon informasinya ya bang, dan kalau ada biayanya berapa sebaiknya?
    Terimakasih.

    BalasHapus
  69. Mau tanya donk,kalo pindah KK dan KTP org yg bersangkutan harus hadir atau bisa di wakili,,makasih

    BalasHapus
  70. siang mau tanya kalo bikin surat pindah gak harus pake skck bisa gak ya

    BalasHapus
  71. Mas saya mau tanya nih
    Gmn ya caranya ngurus alamat ktp antar kelurahan ??
    Soalnya asal saya dari sumut dan saya sudah pernah urus pindah antar provinsi ke jakarta dan sudah jadi tapi karna ada masalah dari pihak yg saya tumpangi tdk trima sebagai penjamin jadi kami urus lg pindah alamat ke tempat kost.
    Tapi ktp jakarta kami ditahan di rt tempat kami urus yg pertama

    Tolong arahannya

    Terima kasih

    BalasHapus
  72. Mau tanya pak sy sdh dpt SKP utuk pndah ke tngerang asal sy jatim
    Cm krn faktor sakit saat proses SKP nya dl & tdk bs ngambil lgsung ( d tahan nungu sembuh ) saat ini SKP sdh d tangan saya tp mslah nya wkt nya ud kadaluarsa bagaimana cara ngurus nya ya pak. Kl sy hrus blik ke jatim lg tuk perbaharui rasa"nya berat krn fktor kasbukan wkt krj
    Mohon pencerahanya

    BalasHapus
  73. Mau tanya dong,,
    Saya sudah mempunyai ktp Jakarta tapi ingin pindah kecamatan, dan di kecamatannya saya tidak punya saudara boleh tidak kita bikin KK sendiri tanpa harus masuk kk orang lain dulu

    BalasHapus