Kamis, 01 Agustus 2013

7 Menit Olahraga yang Sangat Bermanfaat

Filled under:

Tubuh kita perlu di olah agar sehat dan bugar. Olahraga merupakan sebuah kegiatan yang penting yang terkadang sering kita abaikan karena berbagai alasan mulai dari karena malas atau bahkan karena tidak punya cukup waktu.

Sebuah kekeliruan saat kita mengatakan bahwa kita tidak punya cukup waktu untuk berolah raga. Sebenarnya olahraga bisa dilakukan dalam beberapa menit saja. misalnya cukup 7 menit. Melakukan olahraga yang ringan dalam waktu 7 menit dan intens lebih bermanfaat dari pada melakukan olah raga berjam-jam. Olahraga yang berlebihan juga sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Untuk melakukan olahraga yang baik harus di sesuaikan dengan kondisi fit dari tubuh kita. Jika sedang pada kondisi kurang fit sebaiknya dikurangi sehingga memberikan kesempatan pada tubuh kita untuk kembali pulih.

Para ilmuwan di McMaster University di Hamilton, Ontario, dan lembaga lainnya menunjukkan, bahwa bahkan melakukan beberapa menit latihan dengan intensitas mendekati kapasitas maksimum,  kita dapat menghasilkan perubahan molekul di dalam otot yagn sebanding dengan beberapa jam berjalan atau naik sepeda. Berikut ini gambar dari beberapa latihan yang bisa kita lakukan :


olahraga yang sehat dalam waktu 7 menit, tips berolahraga yang baik, tips berolahraga di waktu yang singkat, metro-urban.blogspot.com, urbaners, urban people, jakarta, indonesia
Pelatihan interval, meskipun, membutuhkan interval, kegiatan yang sangat intens ini harus disertai dengan periode pemulihan. Dalam program yang digariskan oleh Mr Jordan dan rekan-rekannya, pemulihan ini disediakan sebagian oleh istirahat 10 detik antara latihan. Tetapi bahkan lebih, katanya, itu dilakukan dengan latihan secara bergantian yang lebih menekankan otot-otot besar pada tubuh bagian atas dengan di bagian bawah tubuh. 


Nah Urbaners, silahkan Lakukan setiap gerakan diatas selama 30 detik disertai istirahat selama 10 -15 detik


salam urban

2 komentar: